Senin, 14 Oktober 2013

Tugas Softskill Minggu ke-5

1.      Sebutkan fungsi manajemen dan terapkan pada diri anda sendiri dan apa manfaatnya
Jawab :
Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:
1. Perencanaan (Planning)
Berbagai batasan tentang planning dari yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Misalnya yang sederhana saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan merupakan penetapan jawaban kepada enam pertanyaan berikut :
1. Tindakan apa yang harus dikerjakan ?
2. Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan ?
3. Di manakah tindakan itu harus dikerjakan ?
4. kapankah tindakan itu harus dikerjakan ?
5. Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu ?
6. Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?

2. Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada tingkatan mana keputusan harus diambil.

3. Pengarahan (Actuating/Directing)
• Mengambil keputusan
• Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.
• Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memeilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.

4. Pengawasan (Controlling)
memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

2.      Apa ciri manajer professional berdasarkan ketrampilan manajer yang berkaitan :
-          Dengan hubungan antar pribadi
-          Dengan informasi
-          Dengan pengambilan keputusan
Jawab :
.     Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan hubungan antar pribadi, yaitu melibatkan orang dan kewajiban lain yang bersifat seremonial dan simbolis yang meliputi, peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin dan penghubung.
·         Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan informasi, yaitu meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi serta peran sebagai juru bicara.
·         Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan pengambilan keputusan , yaitu meliputi peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya dan perunding.

3.      Sebutkan bentuk-bentuk organisasi
Jawab :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 14 Oktober 2013

Tugas Softskill Minggu ke-5

1.      Sebutkan fungsi manajemen dan terapkan pada diri anda sendiri dan apa manfaatnya
Jawab :
Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:
1. Perencanaan (Planning)
Berbagai batasan tentang planning dari yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Misalnya yang sederhana saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan merupakan penetapan jawaban kepada enam pertanyaan berikut :
1. Tindakan apa yang harus dikerjakan ?
2. Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan ?
3. Di manakah tindakan itu harus dikerjakan ?
4. kapankah tindakan itu harus dikerjakan ?
5. Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu ?
6. Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?

2. Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada tingkatan mana keputusan harus diambil.

3. Pengarahan (Actuating/Directing)
• Mengambil keputusan
• Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.
• Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memeilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.

4. Pengawasan (Controlling)
memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

2.      Apa ciri manajer professional berdasarkan ketrampilan manajer yang berkaitan :
-          Dengan hubungan antar pribadi
-          Dengan informasi
-          Dengan pengambilan keputusan
Jawab :
.     Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan hubungan antar pribadi, yaitu melibatkan orang dan kewajiban lain yang bersifat seremonial dan simbolis yang meliputi, peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin dan penghubung.
·         Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan informasi, yaitu meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi serta peran sebagai juru bicara.
·         Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan pengambilan keputusan , yaitu meliputi peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya dan perunding.

3.      Sebutkan bentuk-bentuk organisasi
Jawab :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar