1.
Sebutkan fungsi
manajemen dan terapkan pada diri anda sendiri dan apa manfaatnya
Jawab :
Ada 4 fungsi utama
dalam manajemen:
1. Perencanaan (Planning)
1. Perencanaan (Planning)
Berbagai batasan
tentang planning dari yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit.
Misalnya yang sederhana saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan
serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan
yang terakhir merumuskan perencaan merupakan penetapan jawaban kepada enam
pertanyaan berikut :
1. Tindakan apa yang
harus dikerjakan ?
2. Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan ?
3. Di manakah tindakan itu harus dikerjakan ?
4. kapankah tindakan itu harus dikerjakan ?
5. Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu ?
6. Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?
2. Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan ?
3. Di manakah tindakan itu harus dikerjakan ?
4. kapankah tindakan itu harus dikerjakan ?
5. Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu ?
6. Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?
2. Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian
mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang
dibutuhkan untuk melaksanakan tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.
Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus
dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut
dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada
tingkatan mana keputusan harus diambil.
3. Pengarahan (Actuating/Directing)
•
Mengambil keputusan
• Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.
• Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memeilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
• Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.
• Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memeilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
4. Pengawasan (Controlling)
memberi
bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam
melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan
benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
2.
Apa ciri manajer
professional berdasarkan ketrampilan manajer yang berkaitan :
-
Dengan hubungan antar
pribadi
-
Dengan informasi
-
Dengan pengambilan
keputusan
Jawab :
. Ciri manajer profesional berdasarkan
keterampilan manajemen yang berkaitan dengan hubungan antar pribadi, yaitu melibatkan orang dan
kewajiban lain yang bersifat seremonial dan simbolis yang meliputi, peran
sebagai figur untuk anak buah, pemimpin dan penghubung.
· Ciri
manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan informasi, yaitu meliputi
peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi serta peran sebagai juru
bicara.
· Ciri
manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan pengambilan keputusan ,
yaitu meliputi peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi
sumber daya dan perunding.
3. Sebutkan bentuk-bentuk
organisasi
Jawab :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar