Senin, 07 Oktober 2013

TUGAS KELOMPOK PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-2


Kelas                           :1EB21
Nama Kelompok       :
  • Afdhal Arman (20213282)
  • Ferisya Wulandari (23213423)
  • Nurul Maghfiroh Jufrin (26213733)


Tugas Pengantar Bisnis Minggu ke-2 (kelompok)

1.      Jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) UKM dengan memperhatikan factor produksi!
Cara membangun sebuah UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah sebagai berikut :
a.       Membangun fungsi manajemen
Manajemen memiliki fungsi – fungsi dasar yang umumnya berlaku di setiap organisasi. Fungsi dasar yang umumnya dikenal dengan nama POAC, dapat diuraikan sebagai berikut :
1)      Planning, merupakan pemilihan strategi yang mendasar. Misalnya dengan membuat suatu proposal usaha dengan skala proposal usaha sebagai berikut :
a)      Faktor Produksi
Factor produksi yang terpenting dalam membangun sebuah UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah sebagai berikut :
-          Method (metode), berkaitan dengan cara yang diterapkan agar organisasi berjalan efektiif dan efisien.
-          Material (bahan baku), berkaitan dengan factor pendukung dalam proses produksi.
-          Market (pasar), berhubungan dengan penguasaan pasar.
b)      Analisis Pasar
Jumlah permintaan pasar yang cukup tinggi, namun produksi yang dihasilkan belum mencukupi kebutuhan pasar. Hal ini merupakan salah satu peluang usaha yang bagus untuk para pengusaha pemula. Melihat disini ada bahan baku yang mudah didapatkkan dan mudah di olah menjadi barang kebutuhan masyarakat atau menghasilkan barang baru yang menurut kita akan menjadi barang yang dibutuhkan/digemari masayarakat.
c)      Analisis Permodalan
Seorang wirausaha ketika akan memulai usaha maka ia pun harus mempersiapkan modal (sejumlah uang). Dalam arti luas, modal tidak hanya berbentuk uang, tetapi dapat pula berwujud alat dan barang. Modal pada hakikatnya merupakan factor pelengkap dalam kegiatan wirausaha.
Salah satu kunci keberhasilan usaha bukan terletak pada banyaknya modal, tetapi jumlah yang tepat dan penggunaan yang tepat. Oleh sebab itu, jumlah modal yang dibutuhkan harus sesuai dengan tingkat keuntungan yang diperoleh; kemampuan mengembalikan pokok utang dan bunga; potensi pasar dan konsumen; dan selaras dengan penggunaan uang (modal) itu sendiri. Modal awal diperlukan untuk memulai suatu usaha karena dipergunakan untuk membiayai pengeluaran – pengeluaran di awal permulaan.

d)     Analisis SWOT
Analisis SWOT terdiri dari :
-          S = Strength. Adakah kekuatan yang dapat mendukung usaha untuk mencapai sasaran dan keberhasilan?
-          W = Weakness. Apa kelemahan yang dapat menghambat kita dalam mencapai tujuan?
-          O = Opportunity. Dimana ada peluang / kesempatan untuk digunakan dalam mencapai tujuan?
-          T = Threat. Factor apa yang mengancam usaha?
2)      Organizing, prinsip pembagian kerja, yaitu menghimpun dan mengordinasikan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan.
Peranan organisasi dalam Usaha Kecil Menengah ini mempunyai peranan penting dalam kegiatan perekonomian karena ikut memberikan sumbangan, berupa upaya memproduksi atau mendekatkan barang dan jasa kepada masyarakat. Pada umumnya struktur organisasi pada usaha kecil menengah ini sederhana.


 








3)      Actuating, yaitu mengarahkan dan memengaruhi bawahan agar bekerja dengan sebaik – baiknya.
4)      Controlling, merupakan fungsi pengawasan agar pelaksanaan sejalan dengan tujuan yang ditetapkan.

2.      Berilah masing-masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak/tempat!
  Lokasi/letak perusahaan terikat pada alam.
·         Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah.
·         Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah.
·         Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi.
·         Lokasi/letak perusahaan berdasakan Hubungan/Pergaulan.

3.      Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan!
Jawab :
            Setiap organisasi yang didirikan perlu mempunyai tujuan yang jelas, yaitu hal-hal yang ingin dicapai atau dipelihara, baik berupa materi maupun nonmateri dengan satu atau lebih kegiatan. Tujuannya dibentuk untuk kemudian dijadikan pedoman arah organisasi yang akan dijalankan, landasan bagi penentuan kerja dari organisasi tersebut.
            Tujuan perusahaan merupakan penjabaran dari visi dan misi perusahaan. Tujuan perusahaan berisi sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Tujuan perusahaan adalah target yang bersifat kuantitatif dan pencapaian target tersebut merupakan ukuran keberhasilan kinerja perusahaan. Tujuan perusahaan pada dasarnya berjangka panjang, dengan tugas yang harus diselesaikan selama waktu itu dan akan mengarahkan kinerja perusahaan. Tujuan perusahaan yang tidak realistis, sangat sulit dicapai atau bahkan tidak dapat dicapai. Adapun penetapan tujuan perusahaan adalah :
a.       Untuk mencapai keberhasilan usaha;
b.      Mengatur dan membentuk kerja sama dengan perusahaan lain;
c.       Untuk melakukan merger dengan perusahaan lain;
d.      Mengundang orang – orang yang mempunyai keahlian untuk bekerja sama;
e.       Menjamin adanya focus tujuan daru berbagai personal yang ada di dalam perusahaan.

4.      Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan!
Lingkungan internal berasal dari dalam organisasi dan dimensinya langsung mempengaruhi kerja seorang manajerLingkungan internal terdiri dari : Karyawan, Budaya Organisasi, dan Manajemen.
Lingkungan eksternal adalah elemen di luar batas organisasi yang punya potensi mempengaruhi perilaku organisasi dan manajerialnya. Misalnya : klien.

5.      Aplikasikan setiap variable lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada suatu perushaan!
Ekologi : Pencemaran udara,air,sampah.
- Ekonomi : Urbanisasi,pertambahan penduduk,pajak.
- Sosial : Kriminalitas.
- Politik : Pertahanan keamanan hukum keputusan dan transaksi perusahaan
- Hukum : keputusan dan transaksi perusahaan

6.      Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach!
·         Producer Oriented Approach : Produsen yang berorientasi pendekatan,maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
·         Consumer Oriented Approach : Konsumen yang berorientasi pendekatan,maksudnya membeli barang dan jasa yang dijual oleh produsen dari pasar.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 07 Oktober 2013

TUGAS KELOMPOK PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-2


Kelas                           :1EB21
Nama Kelompok       :
  • Afdhal Arman (20213282)
  • Ferisya Wulandari (23213423)
  • Nurul Maghfiroh Jufrin (26213733)


Tugas Pengantar Bisnis Minggu ke-2 (kelompok)

1.      Jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) UKM dengan memperhatikan factor produksi!
Cara membangun sebuah UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah sebagai berikut :
a.       Membangun fungsi manajemen
Manajemen memiliki fungsi – fungsi dasar yang umumnya berlaku di setiap organisasi. Fungsi dasar yang umumnya dikenal dengan nama POAC, dapat diuraikan sebagai berikut :
1)      Planning, merupakan pemilihan strategi yang mendasar. Misalnya dengan membuat suatu proposal usaha dengan skala proposal usaha sebagai berikut :
a)      Faktor Produksi
Factor produksi yang terpenting dalam membangun sebuah UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah sebagai berikut :
-          Method (metode), berkaitan dengan cara yang diterapkan agar organisasi berjalan efektiif dan efisien.
-          Material (bahan baku), berkaitan dengan factor pendukung dalam proses produksi.
-          Market (pasar), berhubungan dengan penguasaan pasar.
b)      Analisis Pasar
Jumlah permintaan pasar yang cukup tinggi, namun produksi yang dihasilkan belum mencukupi kebutuhan pasar. Hal ini merupakan salah satu peluang usaha yang bagus untuk para pengusaha pemula. Melihat disini ada bahan baku yang mudah didapatkkan dan mudah di olah menjadi barang kebutuhan masyarakat atau menghasilkan barang baru yang menurut kita akan menjadi barang yang dibutuhkan/digemari masayarakat.
c)      Analisis Permodalan
Seorang wirausaha ketika akan memulai usaha maka ia pun harus mempersiapkan modal (sejumlah uang). Dalam arti luas, modal tidak hanya berbentuk uang, tetapi dapat pula berwujud alat dan barang. Modal pada hakikatnya merupakan factor pelengkap dalam kegiatan wirausaha.
Salah satu kunci keberhasilan usaha bukan terletak pada banyaknya modal, tetapi jumlah yang tepat dan penggunaan yang tepat. Oleh sebab itu, jumlah modal yang dibutuhkan harus sesuai dengan tingkat keuntungan yang diperoleh; kemampuan mengembalikan pokok utang dan bunga; potensi pasar dan konsumen; dan selaras dengan penggunaan uang (modal) itu sendiri. Modal awal diperlukan untuk memulai suatu usaha karena dipergunakan untuk membiayai pengeluaran – pengeluaran di awal permulaan.

d)     Analisis SWOT
Analisis SWOT terdiri dari :
-          S = Strength. Adakah kekuatan yang dapat mendukung usaha untuk mencapai sasaran dan keberhasilan?
-          W = Weakness. Apa kelemahan yang dapat menghambat kita dalam mencapai tujuan?
-          O = Opportunity. Dimana ada peluang / kesempatan untuk digunakan dalam mencapai tujuan?
-          T = Threat. Factor apa yang mengancam usaha?
2)      Organizing, prinsip pembagian kerja, yaitu menghimpun dan mengordinasikan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan.
Peranan organisasi dalam Usaha Kecil Menengah ini mempunyai peranan penting dalam kegiatan perekonomian karena ikut memberikan sumbangan, berupa upaya memproduksi atau mendekatkan barang dan jasa kepada masyarakat. Pada umumnya struktur organisasi pada usaha kecil menengah ini sederhana.


 








3)      Actuating, yaitu mengarahkan dan memengaruhi bawahan agar bekerja dengan sebaik – baiknya.
4)      Controlling, merupakan fungsi pengawasan agar pelaksanaan sejalan dengan tujuan yang ditetapkan.

2.      Berilah masing-masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak/tempat!
  Lokasi/letak perusahaan terikat pada alam.
·         Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah.
·         Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah.
·         Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi.
·         Lokasi/letak perusahaan berdasakan Hubungan/Pergaulan.

3.      Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan!
Jawab :
            Setiap organisasi yang didirikan perlu mempunyai tujuan yang jelas, yaitu hal-hal yang ingin dicapai atau dipelihara, baik berupa materi maupun nonmateri dengan satu atau lebih kegiatan. Tujuannya dibentuk untuk kemudian dijadikan pedoman arah organisasi yang akan dijalankan, landasan bagi penentuan kerja dari organisasi tersebut.
            Tujuan perusahaan merupakan penjabaran dari visi dan misi perusahaan. Tujuan perusahaan berisi sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Tujuan perusahaan adalah target yang bersifat kuantitatif dan pencapaian target tersebut merupakan ukuran keberhasilan kinerja perusahaan. Tujuan perusahaan pada dasarnya berjangka panjang, dengan tugas yang harus diselesaikan selama waktu itu dan akan mengarahkan kinerja perusahaan. Tujuan perusahaan yang tidak realistis, sangat sulit dicapai atau bahkan tidak dapat dicapai. Adapun penetapan tujuan perusahaan adalah :
a.       Untuk mencapai keberhasilan usaha;
b.      Mengatur dan membentuk kerja sama dengan perusahaan lain;
c.       Untuk melakukan merger dengan perusahaan lain;
d.      Mengundang orang – orang yang mempunyai keahlian untuk bekerja sama;
e.       Menjamin adanya focus tujuan daru berbagai personal yang ada di dalam perusahaan.

4.      Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan!
Lingkungan internal berasal dari dalam organisasi dan dimensinya langsung mempengaruhi kerja seorang manajerLingkungan internal terdiri dari : Karyawan, Budaya Organisasi, dan Manajemen.
Lingkungan eksternal adalah elemen di luar batas organisasi yang punya potensi mempengaruhi perilaku organisasi dan manajerialnya. Misalnya : klien.

5.      Aplikasikan setiap variable lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada suatu perushaan!
Ekologi : Pencemaran udara,air,sampah.
- Ekonomi : Urbanisasi,pertambahan penduduk,pajak.
- Sosial : Kriminalitas.
- Politik : Pertahanan keamanan hukum keputusan dan transaksi perusahaan
- Hukum : keputusan dan transaksi perusahaan

6.      Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach!
·         Producer Oriented Approach : Produsen yang berorientasi pendekatan,maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
·         Consumer Oriented Approach : Konsumen yang berorientasi pendekatan,maksudnya membeli barang dan jasa yang dijual oleh produsen dari pasar.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar